Senin, 17 November 2008

Ideologi atau hanya sebuah pandangan?


Pancasila dapat dikatakan sebagai ideologi karena ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah 'aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan. Namun, ideologi Pancasila ini berbeda dengan ideologi komunis, liberal, dan Sarekat Islam. Perbedaan ini terlihat pada; sila pertama, ketuhanan yang maha esa pada sila ini jelas terlihat bahwa ideologi pancasila tidak dapat disamakan dengan komunis; lalu pancasila juga memiliki dasar Bhineka Tunggal Ika, karenanya tidak bisa disamakan dengan sarekat Islam ataupun menyatukan bangsa menjadi satu kesamaan; dan yang terakhir, ideologi pancasila juga tidak dapat disamakan dengan liberalisme karena pancasila juga mementingkan kepentingan rakyat Indonesia secara menyeluruh bukan secara golongan.

Pancasila, beberapa orang berpikir bahwa yang salah adalah ideologi pancasila itu, bahkan beberapa orang berpikir bahwa zaman dulu lebih baik dari yang sekarang dan pernah saya temui seseorang yang bahkan sangat apatis pada hal-hal negara, mereka menuntut dan mengerang saat ekor mereka terinjak tapi mereka tidak sadar bahwa mereka menginjak ekor yang lainnya. Mereka menjadi egois, walaupun Pancasila dapat dinyatakan sebagai ideologi, tetap saja banyak orang di negara ini yang tidak melaksanakannya dan masih juga ada yang melaksanakannya secara tidak sadar.



Beberapa pendapat David W. Minar tentang ideologi:




Ø As a collection of certain ideas with certain kinds of content, usually normative;

Ø As the form or internal logical structure that ideas have within a set;

Ø By the role in which ideas play in human-social interaction;

Ø By the role that ideas play in the structure of an organization;

Ø As meaning, whose purpose is persuasion; and

Ø As the locus of social interaction, possibly.





Ideologi memiliki beberapa syarat yaitu:


· Dapat memberi suatu aturan pada masyarakat

· Harus dapat mengikuti perkembangan zaman

· Tidak mengubah nilai-nilai yang ada

· Ditujukan untuk mengatur masyarakat untuk kebaikan masyarakat itu sendiri

· Sistematis dalam aturan-aturan yang telah diciptakan.




Dan pancasila telah mampu mengikuti tuntutan perkembangan zaman yuang menjadikannya mampu bertahan sebagai ideologi sampai saat ini. Dan menurut saya secara pribadi, pancasila bukan hanya sebuah ideologi yang ada di Indonesia tentang Bhineka Tunggal Ika, namun di negara lain juga memiliki anggapan seperti itu. Hal ini menunjukan bahwa semua kembali pada kita apakah mau melanjutkan, menghargai, dan mengubah ideologi ini sesuai zaman atau tidak.



Sumber : http://en.wikipedia.org





Untuk semua lagi-lagi aku minta maaf. Mungkin kalian sudah bosan dengan kata maaf dariku. aku rasa jangan terlalu berharap padaku, aku juga merasa tidak enak. Jangan terlalu dekat denganku karena aku takut kalian terluka.


It's

just
Dream
When
I
hope
For
A
Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar