Selasa, 18 November 2008

P.U

Alzheimer’s Disease

Alzheimer Disease atau lebih dikenal sebagai Senile Dementia of the Alzheimer Type (SDAT) penyakit ini termasuk ke dalam penyakit Dementia. Penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan merusak fungsi organ tubuh ini pertama kali ditemukan oleh Alois Alzheimer, pada umumnya penyakit ini menyerang pada orang berusia 65 tahunan. Pada tahap awal, gejalanya sering dianggap ada hubungannya dengan stress atau faktor usia. Pada tahap ini, banyak ingatan yang hilang dan ketidakmampuan untuk menerima informasi baru. Kemudian pasien menjadi sulit berbicara dan pada tahap akhir pasien benar-benar menjadi sangat tergantung pada orang disekitarnya.




Age

Incidence

65-69

3

70-74

6

75-79

9

80-84

23

85-89

40

90-

69




Ada 3 faktor yang dianggap menjadi penyebab penyakit Alzheimer ini yaitu:





ü Cholinergic hypothesis: Berkurangnya sintesis neurotransmitter acetylcholine

ü Amyloid hypothesis : Disebabkan oleh faktor genetis sama halnya dengan Down Sydrome. Pada teori ini, diduga juga bahwa penyakit ini merupakan akibat dari APOE4.

ü Tau hypothesis : Teori bahwa keabnormalan Protein tau menyebabkan penyakit ini.

Beberapa hal lain mengenai Alzheimer:

v Rusaknya beberapa neuron dan beberapa sinap pada cereberal Cortex.

v Diidentifikasi sebagai proteopathy yang disebabkan ketidaknormalan A-beta dan tau protein pada otak.

v Disebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh mutasi 3 gen, yang paling sering muncul telah disusun bentuk genetisnya.



Penyakit ini tidak bisa disembuhkan karena itu, hanya ada perawatan agar orang itu tetap hidup seperti menyediakan Feeding Tube agar orang itu tidak tersedak dan alat bantu lainnya, tentu saja orang disekitarnya juga cukup membantu.



Cara mencegah penyakit ini adalah dengan Meditteranian Diet, yaitu diet dengan mengkonsumsi makanan seperti roti, ikan, sereal, olive oil, anggur merah, dan gandum. Beberapa vitamin juga bisa mencegah penyakit ini misalnya B12, B13, C, dan folic acid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar