Sabtu, 21 Maret 2009

Carl Gustaph Jung

Dibaca sebagai Karl Gustap Yung, dia adalah salah seorang "murid" dari Sigmund Freud yang menyatakan tentang Death Wish dan terkenal dengan Psikoseksual; Id, Ego, dan Superego; juga Life Instinc. Mr. Jung ini menyatakan beberapa teori setelah dia "cerai" sama Freud, karena rasa ketidak cocokan dengan teori seksual Freudian. JAdi dia mengembangkan teori baru yang "agak" mirip dengan teori Freud.


  • Ketidaksadaran diri:
Dianggap sebagai kesadaran yang direpresi, ditekan, dipendam, dibuang, dibakar dan lain-lain agar kesadaran ini "hilang" tapi biasanya malah bikin masalah yah kurang lebih kayak Unconscious yang disebutkan sama Freud tapi kalo ini pasti bagian negatifnya. Nah di dalam yang namanya ketidaksadaran diri ini ada yang namanya kompleks. Kompleks, ini adalah hmmm... kalo menurutku mirip dengan insting yang disebutkan ma Freud, tapi lebih punya Taste *PLAK!!* salah ding maksudnya punya objek yang jelas gitu

  • Ketidaksadaran kolektif
Dianggap sebagai ketidaksadaran secara genetif(?) pokoknya ketidaksadaran bawaan yang muncul karena Genetika yang aktif saat kita menghadapi suatu tantangan, dan menurutnya hal ini sudah terpola dalam hidup manusia. Yah kayak teori Evolusi gitu. Tapi, bukan teori Evolusi Eyang Darwin ya! Katanya terjadi turun temurun jadi kal menurutku terjadi semacam imitasi dalam setiap solusi. Terus kalo ketidaksadaran diri punya yang namanya Kompleks yang ini punya something yang lebih dingin namanya Archtype, nah ini adalah cetakan atau patokan dalam membuat yang namanya Asimilasi dan Akomodasi

  • Anima-Animus
Dianggap sebagai kesadaran Cewe dalam Cowo and Vice Versa. Eits, ini bukanya waria homo atau kelainan yang lainnya yah! Ini dimaksudkan bahwa karena yang namanya Cowo dah terlalu lama Hidup bareng yang namanya Cewe, jadi cowo punya sedikit sifat Cewe untuk membantu mengerti makhluk paling rumit sedunia ini, nah ini yang namanya Anima. Di sisi lain, Kalo Animus ntu gara-gara Cewe dah terlalu lama Hidup bersama makhluk simple berlabel "Cowo" maka dengan kepintaran dalam mengkalkulasi dan menghitung dengan menggunakan perasaan jadilah ada sisi yang membuat mereka bisa mengerti tentang makhluk SIMPLE kayak kita cowo-cowo yang dikasih julukan ma Jung sebagai Animus. Tapi kalo Anima-Animus melebihi kadar ya... jadinya... TIIIIDDDDAAAAAAKKKKK!!!!!!!!!


  • Persona And Shadow
Persona dianggap sebagai topeng yang dipakai seseorang untuk menjadi sesuai dengan yang diinginkan sama masyarakat nah persona ini mirip dengan teori Superego Freud. Kalo terlalu sering pake "topeng" hasilnya adalah jadi manusia refleksi masyarakat and it's not good, karena dia jadi kehilangan jati diri dan jauh dengan dirinya yang sebenarnya. Shadow, (OK, it's similar with Persona 3) digambarkan sebagai nafsu binatang yang dimiliki manusia yah pokoknya DARK SIDE, kalo shadow ini terus didorong sama yang namanya Persona hasilnya adalah masalah.

OK cuma segitu aja yang bisa kujelasin. Bye-bye ^^
Song of the day Life is Like A Boat - Rie Fu
Wise word hari ini, "Tidak ada yang salah dari mengharapkan sesuatu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar