Senin, 05 Januari 2009

The End of New Year


semakin lama blog ini makin aneh isinya mulai dari puisi, cerita kayak diari, hal lucu dan nggak penting dari forum, tulisan yang blom selesai, dan masih ada beberapa hal aneh lainnya. Hari ini adalah hari yang baru tahun baru dan bulan yang baru juga. Ada yang bilang tahun baru, target baru, resolusi baru, dan berbagai hal baru lainnya, makanya picture say good bye itu Death yang melambangkan sesuatu yang mulai lagi dari nol entah itu "mati" total ataupun mengulang lagi. Tapi, ku pribadi nggak ngerasa ada yang beda. Entah apa yang mau diselamatkan pas bilang selamat tahun baru, dan kenapa juga harus diberi selamat? Memangnya ada apa? Kalo ulang tahun kan jelas there's something happening, tapi kalo tahun baru? BUmi yang ulang tahun? Trus koq Selamatnya bukan ke Earth sih? Toh bumi masih berputar dengan kecepatan yang sama tiap tahunnya. walaupun usianya tambah tua, tapi kalo dilihat "biological"(kalo ada)nya tuh udah rapuh dari lama jadi nggak ketahuan lagi tuh usia seharusnya. Trus kenapa yang lama harus selesai, bisa kan resolusi tahun ini sama atau nerusin dari resolusi tahun lalu. Dan yang bikin rada miris adalah kebiasaan bangsa kita yang ngikutin budaya lama, yang selalu ngerayain tahun baru -- baik tahun baru 1 JAnuari, imlek, maupun lebaran -- selalu aja ngerayain dengan pesta poria nggak penting.

Ambil contoh aja 1 Januari, mendadak bermunculan yang namanya konser disana-sini yang butuh dana gak segede uang sekali makan malah banyak yang bela-belain ngerogoh duit lebih dalem buat dengerin konser yang kalo dilihat diberita suka ada yang mati atau rusuh. Terus acara TV yang munculin acara baru Such as Da Vinci Code ma Harry Potter cuma buat acara puncak tutup tahun.

Terus, imlek dimana tradisi Tiong Hoa dikeluargaku sendiri bilang "Tahun baru baju baru!" Sadar nggak sih Kalo beli baju itu mahal dan cuma buat dipake pas hari H abis ntu layak jadi pakaian yang dipakai pas kuliah. Dan bilang "Iiih malu nggak pake baju baru pas Tahun BAru" padahal ku juga dah sering bilang nggak apa koq nggak beli baju baru. Dan yang parah adalah kegiatan bagi Ang Pao (bener nggak sih tulisannya?) Yang dengan mudahnya didapat Dengan mengepal tangan -- bukan malak -- cuma sebagai tanda tahun baru, dan nggak sedikit juga tuh anak kecil yang dapetin duit banyak gara-gara ntu yah, 50.000 pasti dapet lah. Dan ku akuin mang dulu pas kecil seneng juga dapet uang sedikit gitu tapi bingung mo dipake buat apaan dan akhirnya berakhir ditangan orang tua. Apa ini cara baru untuk mengeruk uang sebanyak mungki atau cara menjerumuskan anak ke arah konsumtif?

Tradisi yang sama juga ada pas lebaran, pertama konsumtifitas BBM karena banyaknya pemudik ini mang nggak salah, dan mirip dengan tradisi imlek yang ada acara Ang Pao disini juga ada yang namanya salam tempel Plus-plus, kenapa Plus-plus? Karena plus duit yang setipe dengan imlek-an. Nggak luput dari perhatian kita kalo yang namanya lebaran tempat wisata pasti penuh, contohnya di tempatku itu namanya Gunung (lagi?) Kapur pasti ada rombongan yang entah dapet duit dari mana dateng ke sana cuma buat ngabisin lebaran. Yang bikin miris adalah kebudayaan konsumtif nih, keliatanya nggak bisa direm walaupun banyak juga yang ngasih sedekah, tapi giliran kayak gini nggak ada yang mikirin gimana mereka ngerayain hari yang mungkin sebenernya malah nggak perlu dirayain lebai-lebai banget.

Tahun baru serasa lebih mirip sebagai harga mati dalam sebuah unjuk adu kaya yagn mirip adu tinggi-tinggian anak kecil. Lebih hebat lagi karena entah sejak kapan dan bagaimana angin yang namanya harus rayain tahun baru ini dah ngebius hampir seluruh orang di dunia. Akhirnya muncul pertanyaan baru, yang mungkin bisa dibahas secara filsafat, masih penting kah perayaan yang besar-besaran itu?

1 komentar:

  1. Sip.

    Tambah satu pertanyaan: pentingkah Natal dan Paskah dirayakan besar-besaran?

    Semua orang telah kehilangan makna. Segala hari penting dijadikan sesuai dengan keinginan dan nafsu mereka; hanya semata-mata alat untuk mencapai apa yang mereka mau dengan pengaruh yang besar.

    "Saatnya pohon Natal disimpan, karena pohon Natal sesungguhnya adalah KITA. Natal sebenarnya hidup dalam kita; dengan atau tanpa Natal sekalipun."

    BalasHapus