Kamis, 09 Oktober 2008

C.I.N.T.A.

CINTA


Apa itu cinta? Pertanyaan yang cuma terdiri dari tiga kata ini entah kenapa begitu rumit untuk didefinisikan. Cinta itu memiliki banyak definisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cinta adalah perasaan sangat suka, kasih sekali, ingin sekali, dan susah hati (risau). Menurut dictionary.reference.com, cinta adalah perasaan yang sangat lembu utuk menyayangi seseorang. Tapi, ada yang bilang cinta itu suatu perasaan ”suka” pada sesuatu yang mampu membuat kita ingin melindungi, menyayangi, memikirkan, dan bisa membuat kita melakukan hal-hal ”aneh” untuk sesuatu tersebut. Saat memikirkannya adalah saat yang paling menyenagkan juga menyedihkan. Saat memikirkannya adalah saat paling membahagiakan juga menyakitkan. Secara mudahnya cinta itu adalah suatu perasaan sayang kita terhadap seseorang, bahkan dalam beberapa kasus dikatakan bahwa jika seseorang mencintai orang lain, dia bisa mengorbankan kebahagiaannya untuk orang yang dia sayangi itu. Kebahagiaan manusia menjadi faktor utama dalam cinta. Cinta yang tak terbalaskan itu menyakitkan. Cinta itu anugerah yang bisa didapat semua orang tanpa ada satu pun pengecualian yang bisa memisahkan, karena perbedaan ada untuk memperindah hidup dan kesamaan ada untuk mendekatkan individu. Ada yang bilang cinta itu memiliki chemistry sendiri, jadi saat seseorang jatuh cinta ada hormon dalam tubuh yang bekerja. Hormon ini menyebabkan sebuah ”kecanduan” untuk berada di dekat orang yang kita sukai itu dan membuat kita terus memikirnya, terus pas deket hormon lainnya bekerja. Nah, hormon yang lain inilah yang bertanggungjawab atas rasa deg-degan, keringetan, grogi, muka merah, dan lain-lain yang kita rasain kalo kita ada di deket dia. Ada juga yang mengatakan kalau cinta itu hanya bertahan selama 2 tahun dan sisanya hanya sebuah keterbiasaan. Di Indonesia love diartikan sebagai apa yang disebut sebagai "cinta" terhadap lawan jenis (ketertarikan satu dengan yang lain), padahal di Inggris sendiri Love itu diartikan sebagai cinta dan kasih. Jadi klo ada yang bilang "I love you" jangan GR dulu, bisa jadi dia mengasihi kita sebagai teman bukan pacar!!! biasanya love itu digambarkan sebagai pleasure yang ga da bagian sadness sama sekali.


Cinta itu menyenangkan sekaligus menyesakkan. Cinta itu nggak bisa dicegah dan nggak bisa dipaksakan. Cinta itu menguatkan sekaligus melemahkan Cinta itu mengikat, membuat kita ingin terus merasakannya. Cinta itu membingungkan. Cinta itu kuat seperti maut. Cinta itu adalah perasaan yang kuat untuk menyayangi atau melindungi apa yang menurut kita berharga. Cinta itu menuntut perubahan ke arah yang lebih baik. Cinta bisa mengubah seseorang. Cinta itu menerima apa adanya. Cinta itu memberi tanpa meminta. Cinta itu menuntut kesetiaan. Ada pula yang membagi cinta ke dalam beberapa arti yaitu:

Ø Passion love: cinta yang dikarenakan nafsu atau keinginan. Contoh : Kecintaan pada pekerjaan.

Ø Companionate love: cinta yang didasari komitmen dan kedekatan. Contoh: Kecintaan kepada orang di sekitar kita..

Ø Consummate love: cinta yang didasari oleh dua hal di atas. Contoh: Cinta kepada pasangan.

Truz klo menurut tarot sendiri:

ü Love relationship ----- Union ----- Passion ----- Sexuality

ü Pleasure ----- Humanism ----- Desire ----- Personal beliefs

ü Individual values ----- Physical attraction ----- Connection

ü Affinity ----- Bonding ----- Romance ----- Heart

Saat orang jatuh cinta, biasanya orang tersebut memikirkan orang yang disukainya. Dia bakal fokus sama orang yang dia sukai itu memerhatikan gerak-geriknya, wajahnya, kadang suka salting kalo deket dia. Cinta sering diagungkan dalam berbagai cerita seperti legenda, sejarah, komik, sampai film layar lebar.


KEROMANTISAN

Keromantisan sangat diperlukan dalam hal cinta. Hal-hal romantis sangat mampu mengobarkan api cinta yang ada, hal ini dimaksudkan agar rasa cinta itu tetap ada. Hal-hal romantis tidak selalu butuh dana mahal. Ketika kita melakukan hal-hal romantis, hal yang paling penting adalah dia tahu kenapa kita melakukan hal-hal romantis. Beberapa hal romantis yang bisa dicoba:

J Bunga: hal romantis paling basic diantara semuanya, karena bunga juga bisa bicara lho~. Walaupun terkesan kuno tapi sampai detik ini, banyak yang mengungkapkan perasaan mereka dengan bunga. Bahkan saat Valentine, bunga tetap jadi favorit dan banyak juga yang mengambil keuntungan dari hal ini.

J Pegangan tangan: hal romantis yang paling murah karena nggak memerlukan biaya. Pasangan mana sih yang nggak pegangan tangan waktu mereka jalan berdua? Biasanya sih kalo tempatnya rame si cowok bakal ngegenggam tangan si cewek lebih erat, soalnya nggak mau si cewek jauh dari dia.

J Candle-lit dinner: makan malem berdua ditemani lilin aroma terapi lengkap dengan lagu sendu dari biola, pasti nggak akan bisa dilupain. Tapi kalo keseringan jadi nggak special lagi.

J Romantic music: Hal yang paling penting kalo lagi beduaan sebuah lagu bisa meninggalkan kenangan. Nggak sedikit lho pasangan yang punya lagu kenangan, terus kalo lagunya diputer pasti bilang hal-hal seperti ”Ini kan lagu kita.”


Selain romantisme cinta juga dihubungkan dengan desire atau nafsu. Banyak yang mengapresiasi kalau hubungan sex adalah cara untuk menunjukkan pada pasangan kalau kita mencintai mereka (khusus yang udah nikah). Tapi ada riset yang menyatakan kalau hubungan ini biasanya hambar dan hanya menjadi sebuah ”kewajiban” bahkan ada yang bilang tidak mau melakukannya dengan alasan tidak menyukainya.


hari ini lagunya Cintaku baru dapet dari Iwan *makasih* terus kamut hari ini bukan yang penting menjadi benar, tetapi yang benar menjadi penting. Kamut ini pernah kukasih ke Zadok dan kamut ini adalah kamut yang bagus menurutku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar